Makanan yang mengandung protein
  1. Daging, unggas, ikan, kerang dan telur
  2. Kacang-kacangan, dan kacang
  3. Kedelai produk dan makanan protein nabati
Mengapa protein penting?
Dari rambut sampai kuku, protein merupakan komponen fungsional dan struktural utama dari semua sel kita. Protein menyediakan tubuh sekitar 10 sampai 15 persen energi makanan, dan dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan.

Protein adalah molekul besar terdiri dari rantai panjang asam amino sub unit. Beberapa asam amino ini adalah nutrisi penting karena mereka tidak dapat dibuat atau disimpan dalam tubuh dan harus berasal dari makanan dalam diet harian kita. Walaupun semua sel hewan dan tumbuhan mengandung protein tertentu, jumlah dan kualitas protein ini dapat sangat bervariasi.
Protein hewani
Protein dari sumber hewani mengandung berbagai macam asam amino esensial yang dibutuhkan dari makanan orang dewasa. Tapi daging merah, khususnya, harus dimakan dalam jumlah terbatas karena tingginya tingkat lemak jenuh yang dikandungnya, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah 'tidak sehat' LDL.

Sebuah asupan tinggi lemak jenuh dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung dan gangguan terkait lainnya. Sebagai alternatif sumber protein hewani, pilih unggas, ikan dan kerang. Ikan merupakan sumber protein hewani. Kaya minyak ikan seperti salmon, mackerel, herring, tuna, trout dan ikan sarden semua kaya omega-3 asam lemak, yang membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kerang juga merupakan sumber protein yang baik dan rendah lemak.
Tahukah Anda ...?
Telur mengandung semua delapan asam amino esensial, membuat mereka menjadi sumber protein yang sempurna. Namun, Anda harus makan sedikitnya delapan telur sehari untuk mendapatkan semua protein yang Anda butuhkan. Jadilah bijaksana; memasukkannya sebagai bagian dari diet seimbang dan bervariasi.
Saran untuk vegetarian
Vegetarian mengandalkan sumber tanaman untuk protein sehari-hari. Tanaman tidak mengandung berbagai macam asam amino esensial dan tidak setinggi nilai gizi seperti protein hewani. Tapi dengan makan diet seimbang yang berisi berbagai makanan yang berbeda, itu mungkin untuk mengkonsumsi asam amino yang dibutuhkan. Makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, makanan protein nabati dan produk kedelai semuanya mengandung protein. Ada juga sejumlah kecil dalam biji-bijian dan produk susu.
Berapa kebutuhan Protein dalam tubuh kita?
Ahli kesehatan menyarankan laki-laki harus makan protein 55.5g sehari dan 45g sehari buat perempuan. Dalam istilah praktis, makan dalam jumlah sedang protein - dalam satu atau dua kali makan setiap hari - harus memberikan semua protein yang Anda butuhkan. Kebanyakan orang di Inggris makan protein jauh lebih dari yang sebenarnya mereka butuhkan. Anda harus makan dua sampai tiga porsi protein setiap hari dari kedua tanaman dan sumber hewan.
Jika Anda bisa, memilih untuk makan makanan rendah lemak protein karena ini akan membantu untuk:
  • Menjaga Kesehatan Jantung Anda
  • Menjaga kolesterol rendah
  • Meminimalkan resiko penyakit jantung dan gangguan terkait lainnya