Aduh Aduh cape nie dari gramedia nyari buku tentang blogger. Akhirnya ketemu juga tentang tips memasang form berlangganan atau subcriber. Nah disini saya akan berbagi apa yang sudah saya dapatkan. Form berlangganan fungsinya adalah untuk mempermudah para pembaca blog kita agar bisa berlangganan atau mendapatkan info terbaru postingan kita melalui email mereka. Jadi jika memposting artikel baru, maka para pelanggan/pembaca yang sudah memasukkan email mereka melalui form tersebut akan secara otomatis mendapatkan kiriman email yang berisi postingan terbaru Anda. Mungkin Anda memiliki banyak fans sama blog Anda, pastinya meraka akan menunggu updatetan atau postingan Anda tanpa harus mengecek satu per satu pada blog tersebut. Adapun cara mudah untuk membuat form "Email Subscriber" tersebut seperti di bawah ini ayo came on gan…

1. Kunjungi situs ini: http://www.feedburner.com/ dan login dengan email Anda lalu Sign in.

2. Saat pertama kali datang ke feedburner Anda akan langsung disodori kotak untuk mengisikan alamat feed blogmu yang akan dibakar. Isikan nama feed blogmu tadi dalam kotak yang disodorkan tersebut dengan ketentuan http://namabloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=3 dan masukkan ke kotak tersebut dan jangan lupa ganti dengan nama blog Anda. Jika blogmu itu isinya hanya video2 maka beri tanda centang pada kotak " I am a podcaster", jika tidak ya gak usah dicentang. Kemudian klik tombol "Next".

3. Isikan Feed Title dan Feed Address atau biarkan saja seperti gambar dibawah ini kemudian klik Next.

4. Klik Next lagi.

5. Ceklis ketiga pernyataan tersebut dan Next.

6. Succes dan kemudian Anda pilih menu publicize lalu klik menu Email Subscriptions yang berada disamping kiri dan tekan Activate.


7. Ganti Use as a widget in dengan kode blogger semuanya dan ceklis Send me an email whenever people unsubscribe (will be sent to your "from" address). kemudian klik Save dulu.

8. Setelah disave dan email sudah terupdated maka tinggal ganti kode dengan blogger lagi dan klik Go pada kode HTML yang pertama.

10. Isi kan dengan judul widget Anda lalu Menambah Widget.

10. Selesai deh sekarang coba dilihat blog Anda, sudah ada form untuk "Email Subscriber" kan.

Cara Menampilkan Jumlah Pembaca pada Email Subscriber.

1. Untuk melihat dan mengaktifkan jumlah pembaca artikel yang masuk diblog Anda, Anda bisa login ke feedburner.com dengan email dan password Anda. Pada menu My Feed Anda klik judul blog Anda seperti gambar dibawah yaitu punya Mas Debby akan klik Belajar Blogger. Disini Anda juga bisa menambahkan menustatiktis untuk mengetahui jumlah pembaca artikel blog Anda.

2. Pilih menu Publicize dan klik FeedCount, Anda bisa memilih warna untuk kotak jumlah pembaca pada blog Anda kemudian klik Activate.

3. Copykan script yang diberikan dan pastekan kedalam widget email subscriber tadi yang sudah Anda buat dan letakkan dibawahnya.

4. Selesai seperti gambar dibawah ini. Kalau masih bingung silangkan berkomentar.