MembacaMembaca adalah cara terbaik untuk belajar kosa kata baru. Cobalah membaca cerita-cerita pendek daripada cerita novel yang panjang.  Biasanya cerita pendek terbagi dalam beberapa bab singkat yang dapat dibaca dan dianalisa bahasanya dengan lebih mudah.  Anda tidak harus mengerti setiap kata yang tertulis.  Coba mengerti artinya secara umum.  Garisbawahi kata-kata yang tidak mengerti dan cobalah menerka artinya berdasarkan konteksnya.  Lalu gunakan kamus Anda untuk mencari dan melihat apakah Anda benar.  Gunakan pula graded readers (buku belajar membaca).  Buku ini biasanya menyediakan sejumlah pertanyaan untuk menguji pemahaman Anda terhadap apa yang baru Anda baca.

1.9. Bergabung dengan English Corner
Beberapa tempat umum seperti toko buku biasanya mempunyai English Corner.  Jangan malu-malu.  Bergabunglah bersama mereka.  Ajukan pertanyaan.   Hal ini merupakan kesempatan bertemu dengan orang-orang yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris seperti Anda.
 

. Gunakan InternetInternet adalah penemuan yang menakjubkan, yang mengubah cara hidup kita.  Walaupun menyenangkan bisa membaca “People” setiap hari atau ngobrol dengan teman-teman secara online, rasanya sia-sia bila kita tidak menggunakan internet untuk belajar bahasa.  Banyak pula tempat kursus bahasa Inggris yang menyediakan aplikasi belajar online secara cuma-cuma. Tentu saja masih banyak yang bisa Anda lakukan sendiri.
 
 Baca Surat Kabar Berbahasa InggrisTersedia beberapa surat kabar yang menyediakan informasi dan materi yang menarik untuk dibaca. Misalnya Jakarta Post. Anda dapat membaca bagian surat kabar yang Anda minati, baik Sports, Business atau bahkan Classifieds.
 

Dengarkan RadioSemua radio di seluruh dunia secara virtual terhubung dengan internet.  Jangan puas hanya dengan VOA dan BBC.  Masih banyak pilihan menarik lainnya.  Coba dengarkan radio dari bagian dunia yang menggunakan bahasa Inggris, Disney Radio dapat menjadi salah satu pilihan menarik dan menyenangkan.
. ChatAnda dapat menggunakan MSN, Yahoo! dan program chat lainnya untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris secara online.  Coba cari beberapa teman Anda yang berbahasa Inggris.  Bila Anda menggunakan Skype, ajak teman-teman Anda untuk menggunakannya juga dan telepon mereka secara gratis melalui komputer Anda.
 

. Jangan Malu-maluAda beberapa cara kuno yang walaupun aneh kedengarannya namun bisa membantu:Meningkatkan pelafalan Anda: Gunakan cermin untuk berlatih membuat bunyi-bunyi yang sulit dalam bahasa Inggris; rekam saat Anda berbicara bahasa Inggris dan dengarkan setelahnya, perhatikan penekanan, intonasi dan fonem Anda.Berpikir dalam bahasa Inggris: Lakukan percakapan imajinasi Anda dalam bahasa Inggris.  Pikirkan apa yang hendak Anda katakan.Berbicaralah dengan teman Anda menggunakan bahasa Inggris: Cobalah berbicara dalam bahasa Inggris dengan teman-teman Anda – baik di dalam maupun di luar kelas bahasa Inggris.  Tidak perlu kuatir dengan pelafalan yang kurang bagus – berbicara secara teratur akan meningkatkan rasa percaya diri Anda dan Anda akan maju lebih pesat. 
. Untuk Orang TuaAnak-anak dengan orang tua yang terlibat secara aktif dalam pendidikan mereka biasanya menjadi lebih sukses.  Tunjukkan perhatian Anda melalui komunikasi dengan anak-anak Anda tentang apa yang mereka pelajari di sekolah atau tempat kursus